RSS

DIVERSIFIKASI PRODUK PERIKANAN

03 Sep

Saya pernah tertawa dalam hati, karena kawatir membuat sakit hati yang berbicara. Yaitu ketika mengatakan bahwa pengolahan ikan itu membuat bakso ikan. Ha ha ha. Saya mau marah ato protes wong dia ndak ngerti ato sukur njepak, ngengkel pun juga gak ada manfaatnya. ya akhirnya bisanya Cuma tersenyum. Ndak tau apa pendapatnya tentang senyum itu. Semoga dia bisa ngartiin sendiri. Memang pembuatan bakso ikan itu masuk dalam mata diklat diversifikasi produk perikanan yang meliputi bakso, sosis, nugget, pangsit, mie, dan bermacam produk olahan baru lainnya seperti aji furai, keripik, kerupuk, wah macem-macem banyaknya. Dan diversifikasi ini merupakan salah satu diantara 20 mata diklat Teknologi Hasil Perikanan. Tapi diputuskan Teknologi Hasil Perikanan adalah bakso ikan. Mentang-mentang orang Malang yang terkenal bakso malangnya.
Bagi Siswa Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, bidang diversifikasi hasil perikanan yang paling mudah untuk memulai suatu usaha. Namun kesuksesannya tergantung kreatifitas masing-masing individu. Tergantung bagaimana membentuk produk, mengemas, mencari bahan baku termurah agar bisa bersaing dengan produk sejenis. Kretifitas tersebutlah yang dibutuhkan untuk diasah selama pembelajaran di sekolah terutama pelajaran produktif.
Namun karena pelajaran diversifikasi hanya 4 jam per minggu dan diberikan di tingkat III saja, maka perlu adanya jam khusus bagi siswa tingkat I dan II. Ya seperti ekstrakurikuler lah. Gimana? Kalo setuju kita buat jaringan produk diversifikasi.
Wake up…..wake up…..Jangan terlena dengan kegiatan rutin sekolah dan kerjain PR. Tambahin acaranya yaitu “Cari duit”. So di tingkat III bisa dijadikan pemolesan akhir pembentukan siswa kreatif dalam diversifikasi hasil perikanan.

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada September 3, 2008 in taruna tphp

 

4 responses to “DIVERSIFIKASI PRODUK PERIKANAN

  1. bungazahra

    Februari 8, 2009 at 12:58 pm

    Ada ide baru ga bwt bikin produk gila!

    Bakso paha kodok kek!
    Cumi asap kek!
    Atw keripik cumi kek!

    Mungkin ga ya?
    Thx b4

     
  2. tphpi

    Februari 9, 2009 at 4:54 am

    Ide-ide baru yang gila kayak gitu yang malah cepet dikenal dipasaran. Bikin orang tertarik mencoba, so kalo cocok jadi langganan. Example ada di Malang tuh SATE HIU. Formatnya sama kayak sate ikan umumnya but ikan hiu yang terkenal ganasnya bisa menarik perhatian. Ekstrim kuliner lah.

    Yang jelas pengolahan produk untuk diversifikasi seperti bakso, nugget, tempura, krupuk, atau lainnya memilikimetode yang sama atau standart. hanya kita perlu sesuaikan dengan potensi yang ada di sekitar kita biar cocok dengan biaya bahan baku. Jadi semua potensi perikanan dari teripang, bintang laut ampe yang gede ikan hiu, memiliki potensi untuk dimanfaatkan. sangat mungkin sekali.

     
  3. nunik

    Maret 27, 2009 at 2:17 am

    ada ide baru nich……yar masyarakat tertrik buat ja puding ikan PAUS tau asampedassssssssss PAUUUUUUSSSSSSSSSSSSSS………………KEK NYA Asiiiiiiiiiiikkkkk dech

     
  4. eka

    Februari 4, 2013 at 6:52 am

    kenapa harus sate HIU
    save shark!!
    hiu gak baik untuk dimakan …

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: